Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023

Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Yang Ke- 9 di Taman Kota Baturaja, Minggu (22/10/2023).

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan
Pengurus Daerah (DPD) Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (FORPESS)
Kabupaten OKU dan di hadiri oleh lebih kurang 3.300 Peserta.

Dalam sambutannya Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Membacakan sambutan menteri agama republik indonesia, dalam rangka peringatan hari santri nasional (HSN) tanggal 22 oktober 2023, yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air pada pagi hari ini.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda.

Untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema “jihad santri jayakan negeri “. Tema yang diusung oleh kemenag ini juga bisa dimaknai secara historis dan kontekstual.

Secara historis, tema jihad santri jayakan negeri ingin  mengingatkan peran besar santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia. Dulu, ketika indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah.

Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu di doakan kiai subchi parakan temanggung, mereka tidak gentar melawan musuh.

Di surabaya, resolusi jihad yang digelorakan kiai hasyim asy’ari membakar semangat pemuda-pemuda surabaya melawan belanda.

Di semarang, ketika pecah pertempuran lima hari di semarang, para santri juga turut berada di garda depan perjuangan. Di tempat lainnya sama, santri selalu terlibat aktif dalam peperangan melawan penjajah.

Pada masa ketika indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. Kh. Wahid hasyim, ayah khabdurrahman wahid, adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan.

Dialah, bersama santri-santri, dan tokoh-tokoh agama lainnya turut memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di indonesia.

Hadirin yang dimuliakan allah, Pasca kemerdekaan indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi.

Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

Melalui momen upacara peringatan hari santri tahun ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kyai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik disisi allah subhanahuwa ta’ala. Aamiin.

Acara di lanjutkan dengan Pemberian pengharhaan dari Pemerintah Daerah Kab. Oku kepada Santri Berprestasi pada perlombaan yang diselenggarakan oleh instansi resmi negara tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan Nasional pada rentang waktu mulai 15 juli 2022 – 22 oktober 2023.

Acara dihadiri oleh, Forkopimda OKU, Kakan Kemamag OKU, Para Asisten Setda OKU,Para Kepala OPD OKU, Para Kabag Setda/Setwan OKU, Pj Ketua TP PKK OKU beserta Ketua Organisasi wanita Kab.OKU lainnya, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua NU, Ketua PP Muhammaddiyah, Pimpinan BUMN BUMD Kab.OKU, Camat/Lurah S Kab.OKU, Para Pimpinan/Pengurus Ponpes di Kab.OKU, serta tamu undangan lainnya.
(Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU).


Related Articles

Rapat Paripurna Istimewa I DPRD Kabupaten OKU Masa Persidangan ke – 3 Tahun 2020 Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi yang ke – 110 Kabupaten OKU Tahun 2020

Rapat Paripurna Istimewa I DPRD Kabupaten OKU Masa Persidangan Ke-3 Tahun 2020 Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Yang Ke-110 Kabupaten

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menerima Audiensi Anggota Paskibraka Nasional, Provinsi, Kabupaten berasal dari Kab OKU

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menerima Audiensi Anggota Paskibraka Nasional, Provinsi, Kabupaten berasal dari Kab OKU Bertempat

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menutup Kajian Ramadhan 1443 H

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menutup Kajian Ramadhan 1443 H, Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU. (Minggu, 24/04/2022).