Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional

Tanggal 2 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Peringatan ini juga dikenal sebagai Hardiknas. Peringatan Hardiknas setiap tahunnya bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama asli R.M Suwardi Suryaningrat mempelopori pendidikan bagi pribumi pada zaman kolonialisme Belanda. Ia lahir dari keluarga ningrat pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional juga bertujuan untuk mengingat jasa-jasanya dalam dunia pendidikan. Selain itu, 2 Mei juga diharapkan menjadi momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Hal itu tertuang dalam Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.


Related Articles

Gubernur Sumsel Serahkan SK Perpanjangan Jabatan PJ Bupati OKU Kepada H. Teddy Meilwansyah

Gubernur Sumsel Serahkan SK Perpanjangan Jabatan PJ Bupati OKU Kepada H. Teddy Meilwansyah Penjabat (PJ) Bupati Ogan Komering Ulu OKU

Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Pembukaan Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Pembukaan Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bertempat

Yuk! Jangan Takut Divaksinasi Covid-19

Talkshow Interaktif Balai Litbangkes Baturaja kembali hadir dengan tema ‘Yuk, Jangan Takut Divaksinasi Covid-19!’. Di episode kali ini, ibu Maya