PJ. Bupati OKU Membuka Musrenbng Tingkat Kecamatan Peninjauan Tahun 2023

PJ. Bupati OKU Membuka Musrenbng Tingkat Kecamatan Peninjauan Tahun 2023

PJ. Bupati OKU Membuka Musrenbng Tingkat Kecamatan Peninjauan Tahun 2023 Bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Peninjauan, Kamis (26/01/2023).

Camat Peninjauan Ahmad Hidayat mengatakan Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota.

Tujuan penyelenggaraan Musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain menjaring Informasi serta membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Adapun usulan prioritas dari Kecamatan Peninjauan, pembangunan ruang kelas MI. Muhammadiyah desa Penilikan, pembangunan pagar SDN 151, pembangunan ruang komputer SMPN 29, pembangunan ruang UKS SMPN 29, pengadaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi SMPN 29 OKU.

Pengadaan Posbindu/Lansia Kit Puskesmas Lubuk Rukam, Pengadaan Posbindu/Lansia Kit Puskesmas Peninjauan, Pengadaan BHP Reagen Air Minum Puskesmas Lubuk Rukam, Pembangunan Poskesdes desa Kepayang, pengadaan BHP Larvasida Malaria untuk 18 Puskesmas, Pengadaan BHP RDT Malaria untuk 18 Puskesmas, Pengadaan BHP Reagen Strip Gula Darah untuk 18 Puskesmas.

Selaim itu, pembuatan Jalan lingkungan menuju Pura desa Penilikan, desa Belimbing, pembuatan jalan lingkungan menuju SDN 167, pembuatan siring pasangan desa Bindu, desa Lubuk Rukam, dan desa Kandang Macan.

Pembangunan turap/talud/bronjong desa Kedondong, desa Kepayang, perluasan SPAM jaringan perpipaan di desa Saung Naga, desa Makarti Tama, Peningktan jalan pertanian Lubuk Rukam SP. 3, Pembangunan kantor Kepala Desa SP 6, Rehab gedung Serbaguna dan pemasangan Paving Blok Kantor Camat Peninjauan, pembangunan jalan desa Kepayang menuju desa Belimbing Kandang Macan, peningkatan jalan cor beton desa Kepayang, desa Peninjauan, peningkatan jalan desa Belimbing-kepayang, peningkatan jalan desa Makarti Tama.

Di bidang Pertanian pembangunan jalan usaha tani desa SP 3, desa Lubuk Rukam, Bantuan Bibit Kopi Robusta desa Mendala, bantuan mesin pemotong rumput desa Kepayang, bantuan bibit Durian unggul desa Mendala.

Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengatakan Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat desa yang hasilnya sudah diinput pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

Dalam arahannya, Teddy Meilwansyah menjelaskan bahwa ada beberapa permasalahan yang menjadi tantangan di tahun 2023. Ada tiga skala prioritas diantaranya adalah Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, diharapkan gerakan ini mampu stabilkan ekonomi masyarakat.

Cegah Stunting, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi faktor penting untuk mencegah terjadinya stunting pada balita. Sebab PHBS merupakan salah satu indikator penyebab status gizi dan kesehatan pada balita tidak tersalurkan dengan baik.

Selain itu juga, Teddy mengharapkan kepada masyarakat agar dapat bekerja sama guna melanjutkan pembangunan di Kabupaten OKU, apalagi kita memasuki tahun politik dan menjadi tantangan buat kita untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif.

Hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang disampaikan kepada Bappelitbangda sebagai bahan penyusunan rencana daerah dan dinas instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Renja perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Dalam kesempatan ini, Teddy menyampaikan, Pemerintah Kabupaten OKU selalu berupaya untuk memenuhi semua usulan pembangunan yang disampaikan melalui Musrenbang ini, akan tetapi dengan keterbatasan anggaran tidak semua usulan dapat dipenuhi.

Hadir pada Musrenbang ini Staf Ahli, Asisten, OPD terkait, Kabag Terkair, Kapolsek Peninjauan, Danramil, KUA, Kepala Desa se -kecamatan Peninjauan, FKBPD dan peserta Musrenbang lainnya.

Sumber : Protokol&Komunikasi Pimpinan Setda OKU


Related Articles

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Meninjau Bangunan SMK dan Masjid Hj. Percha Leanpuri di Desa Durian Kecamatan Peninjauan

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Meninjau Bangunan SMK dan Masjid Hj. Percha Leanpuri di Desa Durian Kecamatan

Belum Ada Parpol Daftar Ke KPU OKU

Sejak dibuka 1 Mei 2023, hingga hari ini, belum ada satupun Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)