PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumsel

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumsel

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumsel, Bertempat di Halaman Griya Agung Palembang. (Rabu, 22/06/2022).

Kegiatan Apel Siaga ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan dihadiri oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen. TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen. Pol Toni Harmanto, Para Bupati/Walikota se-Sumsel, Jajaran OPD Terkait serta BUMN/BUMD.

Tujuan dari Apel ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan. Dan memfokuskan pada kegiatan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel H. Herman Deru., Menyampaikan kesiapsiagaan Sumsel menghadapi musim kemarau siaga Kebakaran hutan dan lahan seperti biasa setiap tahun memasuki musim kemarau dari Pemprov Sumsel, Kementerian KLHK, BNPB, Basarnas, Badan Restorasi Gambut, Para Bupati/Walikota dan stake holder terkait semuanya lengkap siap siaga mencegah karhutla di Sumsel.

Kami bersama TNI/Polri dan stake holder terkait lainnya terus mengingatkan jajaran sampai masyarakat ditingkat bawah agar waspada dan siap siaga menghadapi musim kemarau.

Herman Deru, mengatakan apel kesiapsiagaan ini dalam rangka penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan karhutla di Provinsi Sumsel.

Dalam upaya pengendalian karhutla di Sumsel, Herman Deru menegaskan lima poin utama yaitu melakukan sinkronisasi satgas Provinsi dan Kabupaten/Kota terutama bagi wilayah rawan karhutla, membagi habis tugas pengendalian karhutla dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di Provinsi, Kabupaten/Kota, memberikan sanksi tegas pelaku karhutla untuk membuka lahan dan giat pasca panen serta memperkuat sarana prasarana personel pengendalian karhutla dan melakukan aktivasi posko pengendalian karhutla di perusahaan, instansi vertikal dan masyarakat terutama pada daerah-daerah rawan karhutla.

“Kita ucap syukur atas pertolongan Tuhan YME, yang telah menjadikan musim kemarau yang cukup basah, dengan hari tanpa hujan yang cukup pendek sehingga lahan tidak cukup kering,” ujar Herman Deru.

Herman Deru juga mengapresiasi keberhasilan penurunan titik hotspot pada 2021 merupakan prestasi terbaik tim pengendalian karhutla yang dipimpin Korem 044 Garuda Dempo dengan dukungan instansi vertikal, OPD, Polri, serta masyarakat.

Kemunculan hotspot pada lahan gambut telah terdeteksi sebelum musim kemarau hal ini disebabkan adanya degradasi alam. Kita harus carikan solusi permanen agar lahan gambut tidak terlalu kering sehingga tidak mudah terbakar sesuai dengan habitatnya yang bersifat lembab.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Herman Deru mengungkapkan, tim pengendalian karhutla Sumsel telah membangun sekat kanal, sumur bor, dan embung di lahan-lahan gambut yang sangat berpotensi menimbulkan karhutla.

Kita berdoa dan berusaha agar angka karhutla dapat terus rendah atau bahkan tidak sama sekali terjadi maka butuh komitmen kerja keras dan antisipasi karhutla pada masa mendatang.

Sementara PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam penanggulangan karhutla ini, Teddy Meilwansyah juga menyatakan komitmen dan kesiapannya untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pengendalian karhutla di Kabupaten OKU.

“Pemkab OKU melalui BPBD dan OPD terkait lainnya terus berupaya meningkatkan kapasitas personil dan sarana prasarana dalam penanggulangan karhutla di Kabupaten OKU”, Ujar Teddy Meilwansyah.

 

Sumber : Protokol&Komunikasi pimpinan Pemkab OKU


Related Articles

Sekda OKU Menghadiri Acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KONI Kab OKU Tahun 2021

Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE.,SH.,MT.,M.Si.,M.H. M.Pd Menghadiri Acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KONI Kab OKU

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Bersama Rombongan Meninjau Langsung Sejumlah Titik Lokasi Rencana Penanggulangan Bencana Banjir

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Bersama Rombongan Meninjau Langsung Sejumlah Titik Lokasi Rencana Penanggulangan Bencana Banjir Di Wilayah Kelurahan

Balai Litbangkes Baturaja Ikut Serta Ambil Data Prevalensi Filariasis di Belitung Barat

Dua pegawai Balai Litbang Kesehatan Baturaja berkesempatan mengikuti kegiatan Pengambilan Data Prevalensi Filariasis Sebelum Pengobatan Massal Kombinasi 3 Obat di