Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si Menghadiri Acara Penandatanganan MOU Pemkab OKU Dengan Seameo Ceccep Dalam Peningkatan Kompetensi Didik dan Tenaga Kependidikan PAUD Kab.OKU, (Kamis, 12/11/2020)

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si Menghadiri Acara Penandatanganan MOU Pemkab OKU Dengan Seameo Ceccep Dalam Peningkatan Kompetensi Didik dan Tenaga Kependidikan PAUD Kab.OKU, (Kamis, 12/11/2020)

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si Menghadiri Acara Penandatanganan MOU Pemkab OKU Dengan Seameo Ceccep Dalam Peningkatan Kompetensi Didik dan Tenaga Kependidikan Paud Kab OKU Bertempat di Tempat Pendopo Rumah Kabupaten OKU, (Kamis, 12/11/2020).

Direktur SEAMEO CECCEP, Dr. Dwi Priyono, M.Ed menyampaikan SEAMEO CECCEP ini adalah lembaga yang menangani PAUD yang dibentuk oleh menteri pendidikan Se Asia tenggara, tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

SEAMEO CECCEP merupakan salah satu pusat SEAMEO yang ada di Indonesia. SEAMEO CECCEP sendiri merupakan singkatan dari Southeast Asian Ministers Of Education Organization Centre Of Early Childhood Care Education and Parenting. Mereka memiliki 27 centre yang tersebar di Asia Tenggara, tujuh diantaranya berada di Indonesia. SEAMEO CECCEP sendiri memiliki dua misi dalam dunia pendidikan, yaitu terkait dengan pendidikan usia dini dan pendidikan keluarga.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD serta peran orang tua dalam membangun generasi Kabupaten OKU dimulai dari sejak usia dini. Organisasi ini didirikan tanggal 25 Juli 2017 oleh seluruh Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si menyampaikan DALAM RANGKA PENANDATANGANAN PERJANJIAN NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA, YANG BERKENAAN DENGAN KERJASAMA PENELITIAN, PENGEMBANGAN KAPASITAS, DAN ADVOKASI DI BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN PARENTING, DENGAN TUJUAN MENGOPTIMALKAN TATA KELOLA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) YANG ADA DI KABUPATEN OKU.

TENTUNYA, PEMERINTAH KABUPATEN OKU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA ATAS KOMITMEN PIHAK SOUTH EAST ASIAN MINISTER OF EDUCATION ORGANIZATION REGIONAL CENTRE FOR EARLY CHILHOOD CARE EDUCATION AND PARENTING (SEAMEO CECCEP) UNTUK MENDUKUNG DAN MENDAMPINGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMANTAPKAN PENYELENGGARAAN BEBERAPA FUNGSI PEMERINTAHAN DI DAERAH KHUSUSNYA DI BIDANG PENDIDIKAN, YANG SUDAH PASTI AKAN MEMBERIKAN MANFAAT PENTING BAGI DAERAH KAMI.

SESUAI VISI DAN MISI PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN OKU BAHWA KAMI TERUS BEKERJA KERAS MELAKUKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAN DIANTARANYA ADALAH MENATA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI YANG SEBAGAIMANA AMANAT PEMERINTAH BAHWA PAUD ADALAH PONDASI YANG PALING DASAR UINTUK MEMBANGUN DAYA SAING BANGSA DI MASA DEPAN.

MAKA DALAM MENCAPAI MISI AKSELERASI PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA PENDIDIKAN PAUD TERSEBUT, SUDAH PASTI KAMI JUGA MEMERLUKAN DUKUNGAN DARI BERBAGAI STAKEHOLDERS, TERMASUK LEMBAGA NON PEMERINTAHAN YANG PEDULI DENGAN PENGUATAN KAPASITAS SEKTOR PENDIDIKAN.

SEPERTI SEAMEO CECCEP, UNTUK BERTUKAR PIKIRAN, KONSULTASI DAN DIALOG, DAN BERSAMA-SAMA MELAKSANAKAN UNTUK MEREALISASIKAN RENCANA STRATEGIS TERTENTU AGAR BISA MENCAPAI TUJUAN DAN HARAPAN YANG DIINGINKAN.

PENGEMBANGAN PRESTASI SEJAK DINI YAKNI MULAI DARI LINGKUNGAN SEKOLAH TERMASUK SEKOLAH PAUD PERLU TERUS KITA TUMBUHKAN, DALAM RANGKA MENANAMKAN JIWA KREATIVITAS DAN MEMBEKALI ANAK-ANAK KITA DENGAN BUDAYA KOMPETISI YANG MENGEDEPANKAN KREATIVITAS DAN KEINGINAN CETAK PRESTASI DALAM DIRI SETIAP ANAK.

WADAH LEMBAGA PAUD MERUPAKAN BAGIAN PENTING DARI MEDIA PEMBENTUKAN JIWA KREATIF DAN MENUMBUHKAN KARAKTER UNTUK SIAP BERKOMPETISI DALAM DIRI ANAK-ANAK KITA INI SEBAGAI BEKAL MEMASUKI ERA GLOBALISASI DI MASA MENDATANG.

SELANJUTNYA, DALAM KERANGKA NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA INI SANGAT MENGHARAPKAN PENDAMPINGAN SEAMEO CECCEP DALAM HAL PENGUATAN KAPASITAS DAN KUALITAS PAUD YANG BERLANDASKAN OPTIMALISASI TATA KELOLA PAUD DAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF YANG SISTEMATIS, KOMPREHENSIF, DAN BERKELANJUTAN.

KAMI BERHARAP PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA INI, KIRANYA MENJADI BAGIAN DARI UPAYA PEMERINTAH DAERAH UNTUK SEMAKIN MENJADIKAN PAUD SEBAGAI LANGKAH AWAL PENGUATAN SDM ANAK BANGSA DI DAERAH KITA INI. DENGAN DUKUNGAN PENUH SEAMEO CECCEP, KAMI BERHARAP SEMUA TUJUAN DAN TARGET PROGRAM PEMBANGUNAN DAERAH BIDANG PENDIDIKAN YANG SUDAH KAMI RENCANAKAN BISA TERWUJUD DENGAN HASIL YANG BAIK.

AKHIRNYA, DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI, KAMI PEMERINTAH KABUPATEN OKU BERHARAP KIPRAH DAN DUKUNGAN SEAMEO CECCEP UNTUK PENDAMPINGAN OPTIMALISASI LEMBAGA PAUD DAPAT SEGERA DILAKSANAKAN SECARA TERARAH SESUAI HARAPAN KITA BERSAMA.
PEMERINTAH KABUPATEN OKU MENYAMPAIKAN APRESIASI DAN MENGHARAPKAN KIRANYA KERJASAMA YANG SUDAH DISEPAKATI DAPAT TERUS BERKELANJUTAN GUNA MEMAJUKAN DAERAH, DAN MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT SERTA KEMASLAHATAN BANGSA INDONESIA.

Acara dilanjutkan penyerahan piagam terbaik pelatihan kompetensi pendidik dan tenaga paud serta poto bersama.

Hadir pada acara ini, OPD Terkait, Direktur SEAMEO CECCEP, Deputi direktur for program SEAMEO CECCEP dan rombongan serta Undangan Lainnya.

Sumber : Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU


Related Articles

Hari Pertama Pendaftaran Bakal Calon Legislatif

Hari ini pertama dibukanya pendaftaran bakal calon anggota legislative. Komisi Pemilihan Umum (KPU), belum menerima partai politik yang datang mendaftarkan

Pengumuman Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama

Download formulir seleksi jabatan tinggi Pratama (JPT) Kabupaten OKU. Link download  

SEKDA OKU MEMBUKA WORKSHOP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten OKU melalui Dinas Pendidikan Kab. OKU bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten